Undang Kak Kus Untuk Event Bercerita Hubungi via WA
Toggle Bar

Blog Istana Dongeng

Kumpulan artikel dongeng dan lainnya

Apa Sih Pesan Moral Dalam Bercerita? Simak Penjelasannya

Apakah anda sering bercerita?

Saat kita bercerita, pasti ada pesan moral yang ingin kita sampaikan kepada anak-anak, karena dengan media dongeng ini pesan moral yang kita sampaikan lebih didengarkan oleh anak-anak.

Kontak Batin Saat Bercerita? Apa Maksud Hal Tersebut?

Kontak batin? Apa maksudnya?

Dengan dongeng, terjadi kontak batin antara pendongeng dengan pendengarnya. Dongeng yang baik, apabila pendengar dapat menikmati dongeng yang kita bawakan, dongeng yang kurang baik, apabila pendengar kita tidak memperhatikan, tidak memahami dan tidak tertarik dengan dongeng yang kita bawakan.

Apakah benar kita sebagai manusia memerlukan cerita?

Apakah benar kita manusia memerlukan cerita?

Menurut Prof. Riris K. Toha-Sarumpaet, M.Sc., Ph.D dalam sebuah seminar, Cerita adalah bagian dari hidup. setiap orang adalah bagian dari sebuah cerita. Kelahiran, pekerjaan, perjumpaan, usaha, ketegangan, penyakit, perkawinan, dan lain-lain adalah sebuah rentetan kejadian dan kisaha kemanusiaan yang amat menarik.

Bagaimana Cara Memilih Cerita Untuk Anak? Berikut Cirinya!

Seringkali kita mengalami kesulitan dalam menemukan cerita yang tepat bagi anak-anak. Menurut Shirley C. Raines dan Rebecca Isbel (2002 : viii), cerita yang baik bagi anak-anak sering memiliki satu atau lebih ciri khas berikut ini :