Riwayat Dongeng dan Asal-Usul Bercerita Di Indonesia

Setelah kita udah mengerti tentang apa dongeng pada pembahasan sebelumnya, maka kita akan bahas tentang riwayat dongeng itu sendiri.

Masyarakat Indonesia sudah mengenal dongeng sejak zaman dulu. Pada jaman kerajaan, hidup para pendongeng dijamin oleh raja. Mereka pun mendapat gelar kehormatan dari kerajaan. Saat raja sedang berduka, pendongeng diundang ke istana senagai ”pelipur lara”. Tak heran bila pada masa itu juru dongeng juga mempunyai peranan penting sebagai juru hibur bagi kerabat kerajaan.

Di luar istana, nenek moyang kita ternyata juga hebat dalam hal mendongeng. Petualangan di rimba raya atau samudera luas, mereka dongengkan dengan penuh kebanggan. Dongeng itu pun diteruskan secara turun temurun, dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kita juga mengenal istilah juru dongeng di Indonesai. Di Aceh tukang cerita disebut ’pmtoh (kope)’ sedangkan di Jawa ada yang disebut sebagai ”tukang kentrung”. Tukang kentrung berkeliling dari satu tempat ke tempat lain sambil membawa semacam tambur yang disebut ’terbang’. Di Jakarta (Betawi) ada ’syahibul hikayat’.

Mereka mendongeng sambil diiringi alat-alat tersebut dan cerita-cerita yang dituturkan biasanya bersifat religius atau magic.

Pada perkembangan selanjutnya, kegiatan mendongeng kemudian diambil alih oleh para pengasuh anak/guru, orang tua, serta nenek dan kakek.


Cetak