Seputar Materi Dongeng

Kontak batin? Apa maksudnya?

Dengan dongeng, terjadi kontak batin antara pendongeng dengan pendengarnya. Dongeng yang baik, apabila pendengar dapat menikmati dongeng yang kita bawakan, dongeng yang kurang baik, apabila pendengar kita tidak memperhatikan, tidak memahami dan tidak tertarik dengan dongeng yang kita bawakan.

Dongeng yang baik akan terjadi kontak batin, ini akan lebih memudahkan pendongengnya memberikan materi, pesan-pesan, yang tentunya pesan yang baik kepada pendengarnya.

Dampak positif yang paling penting dari kontak batin adalah :

1. Dongeng kita akan didengar dan diperhatikan

2 Kita akan disayang dan menjadi lebih dekat dengan pendengarnya

3. Kita akan dipercaya dan diteladani (kata-kata, nasehat dan tingkah laku kita)

Sebagai orang tua kadang kita merasa enggan untuk mendongeng di depan anak kita, atau kita enggan untuk mendongeng saat anak kita merengek-rengek minta didongengkan dengan berbagai alasan : malas, tidak punya waktu, nggak punya buku cerita, nggak punya bahan cerita dan sebagainya.

Padahal kalau kita bisa menjadikan dongeng ini menjadi salah satu media kontak batin terhadap anak, kita menjadi lebih dekat dengan anak kita. Disisi lain kita akan lebih mudah mengarahkan, memberi nasehat, mendidik anak kita karena kita sudah sangat dekat dengan anak kita.

Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan)

Istana Dongeng Kak Kus telah pre-launching Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) di playstore, silahkan didownload di link ini :DUNIA KANAK-KANAK (DUKAN) . Aplikasi yang berisi metode pembelajaran kanak-kanak.

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Sekarang ini semua informasi sudah dapat diakses hanya dalam genggaman tangan melalui hp/android. Istana Dongeng Semarang juga mengikuti perkembangan teknologi informasi tersebut dengan membuat aplikasi android yang diberi nama Dunia Kanak-kanak (Dukan). Aplikasi yang berisi metode/media pembelajaran yang menarik untuk kanak-kanak. Metode/media ini dapat diakses menggunakan android.

                Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) ini dilatarbelakangi minimnya informasi metode/media pembelajaran anak-anak terutama di daerah pelosok Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan pengayaan pembelajaran kepada anak. Keterbatasan pengayaan untuk guru-guru TK turut andil dalam kemajuan pendidikan Taman Kanak-kanak di Indonesia.Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) ini dalam bentuk audio dan video yang dapat didengarkan atau dilihat dengan cara pilih produk metode/media yang disukai terus ikuti langkah yang ada di aplikasi ini. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan preview produk agar mendapatkan gambaran produk yang akan dipilih.

                Aplikasi ini menawarkan konsep ‘BERBAGI BERKAH’ untuk berbagi pengetahuan kepada orang lain dan mendapatkan keberkahan. Untuk itu aplikasi ini menyediakan fasilitas bagi pribadi/sekolah/institusi/siapa pun untuk ikut berpartisipasi dalam ‘sharing pengetahuan dengan mendaftar/membuat akun di aplikasi ini untuk mendapatkan ‘Sanggar’ atau tempat mengupload semua pengetahuan terkait metode/media pembelajaran.

  Silahkan install aplikasi dengan klik icon di bawah ini :