Kisah Islami

Berburu binatang adalah kegemaran dari Ibrahim bin adam. Suatu hari setelah berburu seharian. Karena merasa lelah ia menggelar tikar dan beristirahat dibawah sebuah pohon yang rindang. Kemudian dikeluarkan sepotong roti, bekal yang dibaswanya dari rumah.

Tiba-tiba datang seekor burung gagak dan hinggap di dahan yang ada di depannya. Ibrahim tak mengambil panahnya, tak dihiraukan binatang itu. Tapi tiba-tiba burung itu terbang ke arah Ibrahinm dan menyambar roti yang dipegangnya. Ibrahim tersentak kaget dan burung itu terbang sambil menggondol roti milik Ibrahim.

Merasa diledek burung gagak itu, Ibrahin mengambil anak panahnya dan mengejar burung itu. Setelah cukup lama Ibrahim membuntuti burung itu, hingga sampailah dia di lereng sebuah gunung yang sepi.

Betapa terkejutnya Ibrahim ketika dihadapannya ia melihat seorang lelaki yang tergolek dengan kedua kaki dan tangannya terikat. Tanpa pikir panjang, Ibrahim melepaskan ikatan-ikatan pada lelaki itu.

Ibrahim            :”Apa yang tengah menimpa dirimu sehingga kau terikat di tempat yang sepi

ini.”

Lelaki               :”aku adalah seorang pedagang yang sedang sial. Beberapa orang perampok

telah merampas semua harta bendaku, kedua kaki dan tanganku diikat,

sehingga aku tak bisa berkutik. Telah tujuh hari tujuh malam aku tergoleh di

tempat ini tanpa bisa berbuat apa-apa kecuali mengharapkan pertolongan

Allah dan mengharap ada orang yang lewat.”

Ibrahim            :”Lalu siapa yang memberimu makan hingga kau dapat bertahan selama ini.”

Lelalki              :” Burung gagak itulah yang menolongku. Aku sendiri juga heran, bagaimana

burung itu sampai bisa mendapatkan sepotong roti dan diberikannya

padaku.”

Ibrahim            :”Burung gagak?”

Lelaki               :”Ya, lewat burung gagak itu Allah tidak menyia-nyiakan hambanya yang tak

berdaya dan akan mati kelaparan dan dengan kuasa-Nya pula mengirimmu

kesini.

Ibrahim kemudian mengajak orang itu ke tempat ia menggelar tikar, dan diceritakannya tentang seekor burung gagak yang telah mencuri sepotong rotinya yang kemudian ternyata diberikan kepada lelaki itu.

Peristiwa itu sungguh membekas dalam hati Ibrahim bin adam, kejadian itu seolah-olah menyindir dirinya yang selama ini kikir dan tak pernah memperhatikan orang lain.

Jika seekor burung gagak saja memiliki naluri untuk menolong orang yang dalam kesengsaraan, mengapa diriku sebagai seorang manusia lebih bodoh dari binatang itu? Kemudian berangkatlah Ibrahim bin adam ke kota Mekah. Ditinggalkan semua harta benda miliknya untuk diserahkan kepada Allah dan Rasul-Nya. Sedangkan ia sendiri berangkat tanpa membawa bekal sedikitpun.

Anehnya dalam perjalanan itu, Ibrahim tanpa merasa lapar sedikitpun, hingga ia masuk kota Mekah dan menyatakan syukurnya kepada Allah.

 

Hikmah : ketika kita memiliki harta dan benda, kita tidak boleh kikir dan selalu memperhatikan orang lain yang membutuhkan kita.

Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan)

Istana Dongeng Kak Kus telah pre-launching Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) di playstore, silahkan didownload di link ini :DUNIA KANAK-KANAK (DUKAN) . Aplikasi yang berisi metode pembelajaran kanak-kanak.

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Sekarang ini semua informasi sudah dapat diakses hanya dalam genggaman tangan melalui hp/android. Istana Dongeng Semarang juga mengikuti perkembangan teknologi informasi tersebut dengan membuat aplikasi android yang diberi nama Dunia Kanak-kanak (Dukan). Aplikasi yang berisi metode/media pembelajaran yang menarik untuk kanak-kanak. Metode/media ini dapat diakses menggunakan android.

                Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) ini dilatarbelakangi minimnya informasi metode/media pembelajaran anak-anak terutama di daerah pelosok Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan pengayaan pembelajaran kepada anak. Keterbatasan pengayaan untuk guru-guru TK turut andil dalam kemajuan pendidikan Taman Kanak-kanak di Indonesia.Aplikasi Dunia Kanak-kanak (Dukan) ini dalam bentuk audio dan video yang dapat didengarkan atau dilihat dengan cara pilih produk metode/media yang disukai terus ikuti langkah yang ada di aplikasi ini. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan preview produk agar mendapatkan gambaran produk yang akan dipilih.

                Aplikasi ini menawarkan konsep ‘BERBAGI BERKAH’ untuk berbagi pengetahuan kepada orang lain dan mendapatkan keberkahan. Untuk itu aplikasi ini menyediakan fasilitas bagi pribadi/sekolah/institusi/siapa pun untuk ikut berpartisipasi dalam ‘sharing pengetahuan dengan mendaftar/membuat akun di aplikasi ini untuk mendapatkan ‘Sanggar’ atau tempat mengupload semua pengetahuan terkait metode/media pembelajaran.

  Silahkan install aplikasi dengan klik icon di bawah ini :