Ada Yang Bertanya Apa Itu Dongeng? Simak Penjelasannya

Kita mungkin masih ingat saat kita kecil, kita pernah didongengi oleh orang tua kita, kakek/nenek kita, bapak/ibu guru dan masih banyak lagi. Yang intinya mereka ingin memberikan dongeng kepada kita agar kita menjadi terhibur, senang/gembira dan bahagia.

Bagaimana, apakah saat itu anda juga merasa terhibur, senang/gembira dan bahagia? Kalau anda merasakannya, berarti harapan dari yang memberi dongeng sudah tercapai.

 

Apa Itu Dongeng ?

Kita sering mendengar kata “Dongeng”, namun kadang kita tidak mengetahui pengertian dongeng yang sebenarnya. Pengertian dongeng dari beberapa literatur yakni Dongeng termasuk dalam cerita rakyat lisan. Menurut Danandjaja (1984) cerita rakyat lisan terdiri atas mite, legenda, dan dongeng. Mite adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohkan oleh ou makhluk setengah dewa. Peristiwanya terjadi di dunia lain, bukan di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadi pada masa lampau.

Sedangkan legenda adalah cerita rakyat yang mempunyai ciri-ciri miripi dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Legenda ditokohkan oleh manusia, walaupun kadang-kadang mempunyai sifat luar biasa dan sering kali dibantu oleh makhluk-makhluk ajaib. Tempat terjadinya adalah di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadinya belum terlalu lampau.

Sebaliknya, dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng yang tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng yang diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.


Cetak